Kamis, 24 Maret 2011

STRUKTUR PRIMER


STRUKTUR PRIMER
            Struktur primer merupakan sruktur yang terbentuk bersamaan dengan terbentuknya batuan, struktur ini dijadikan acuan dalam penentuan arah muda suatu lapisan batuan (younging direction). Struktur primer dapat terjadi pada saat terbentuknya batuan beku dan batuan sedimen. Pada batuan beku terbentuk karena adanya pergerakan magma yang memotong atau mengisi lapisan batuan yang lain seperti dike, batolit, lacolit, sill, dll. Sedangkan pada batuan sedimen terjadi karena adanya proses pengendapan sedimentasi yang dapat memotong atau mengisi lapisan batuan yang lainnya. Seperti cross bedding, graded bending, flute cast, ripple mark, dll.
            Berikut ini beberapa contoh struktur primer seperti yang disebutkan diatas:
A.    Cross Bedding
Cross bedding merupakan struktur primer yang membentuk srutur penyilangan suatu lapisan batuan terhadap lapisan batuan yang lainya, atau lapisan batuan yang lebih muda memotong lapisan batuan yang lebih tua. Cross bedding didefinisikan oleh Pettijohn (1972) sebagao struktur yang membatasi suatu unit sedimentasi dari jenis yang lain dan dicirikan dengan perlapisan dalam atau laminasi disebut juga dengan foreset bedding miring ke permukaan bidang akumulasi (deposisi).

B.     Riple Mark
Ripple mark merupakan struktur primer perlapisan sedimen yang menunjukan adanya permukaan seperti ombak atau begelombang yang disebabkan adanya pengikiran oleh kerja air, dan angin. Pada awalnya lapisan batuan sedimen tersebut datar dan horizontal karena adanya pengaruh kerja air dan angin menyebabkan bagian-bagian lemah terbawa air atau angin sehingg menyisahkan cekungan-cekungan yang membentuk seperti gelombang.

C.     Graded Bedding
Graded bedding merupakan struktur perlapisan sedimen yang menunjukan perbedaan fragmen atau ukuran butir sedimen yang membentuk suatu lapisan batuan. Perbedaan ini terbentuk karena adanya gaya gravitasi yang mempengaruhi saat terjadinya pengendapan pada sedimen tersebut. sedimen yang memiliki ukuran butir lebih besar akan lebih dahulu mengendap dibandingkan dengan sedimen yang memiliki ukuran lebih kecil sehingga struktur graded bending akan selalu menunjukan sturktur perlapisan yang semakin keatas lapisan tersebut ukuran butir yang dijumpai akan semakin keci.

D.    Load Cast
Load cast merupakan sturktur primer pada lapisan batuan sedimen yang terbentuk karena adanya cacat pada lapisan sedimen tersebut sehingga dengan pengaruh gravitasi dan pembebanan dari lapisan yang ada diatasnya menyebabkan lapisan sedimen yang cacat tersebut mengalami keruntuhan sehingga membentuk struktur berlubang. Dan terkadang sturuktur berlubang ini diisi oleh lapisan sedimen yang ada diatasnya.

E.     Flute Cast
Flute cast merupakan struktur primer yang terjadi akibat adanya penggerusan dari kerja air maupun angin. Sehingga menyebabkan cekungan-cekungan pada lapisan batuan tesebut.

1 komentar:

  1. How to Make your own Sugarboo Extra Long Digital Titanium Styler
    How titanium framing hammer to make your own Sugarboo schick quattro titanium Extra Long titanium max Digital Titanium Styler. How to make your own suunto 9 baro titanium Sugarboo Extra Long Digital Titanium Styler. How to ford fusion titanium make your own Sugarboo

    BalasHapus